Kamis, 11 Maret 2010

Profil Kota Tangerang


Kota Tangerang memiliki letak yang sangat strategis. Di sebelah timur berbatasan dengan DKI Jakarta, sedangkan di sebelah utara, selatan dan barat berbatasan dengan Kabupaten Tangerang. Letak Kota Tangerang Secara gafis Kota Tangerang terletak pada posisi 106 36 - 106 42 Bujur Timur (BT) dan 6 6 - 6 Lintang Selatan (LS).

Letak Kota Tangerang tersebut sangat strategis karena berada di antara Ibukota Negara DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang. Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 1976 tentang Pengembangan Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi), Kota Tangerang merupakan salah satu daerah penyangga Ibukota Negara DKI Jakarta. Posisi Kota Tangerang tersebut menjadikan pertumbuhannya pesat. Pada satu sisi wilayah Kota Tangerang menjadi daerah limpahan berbagai kegiatan di Ibukota Negara DKI Jakarta.

Di sisi lain Kota Tangerang dapat menjadi daerah kolektor pengembangan wilayah Kabupaten Tangerang sebagai daerah dengan sumber daya alam yang produktif. Pesatnya pertumbuhan Kota Tangerang dipercepat pula dengan keberadaan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sebagian arealnya termasuk ke dalam wilayah administrasi Kota Tangerang. Gerbang perhubungan udara Indonesia tersebut telah membuka peluang bagi pengembangan kegiatan perdagangan dan jasa secara luas di Kota Tangerang.

Kegiatan ekonomi Kota Tangerang sangat dipengaruhi oleh sektor industri pengolahan. Sebagian besar industri pengolahan ini terkonsentrasi di Kecamatan Jatiuwung.Berbagai jenis pabrik, mulai dari industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, kimia hingga industri logam dan barang dari logam, telah menanamkan modalnya di kecamatan tersebut. Sekitar 55 persen industri sedang dan besar Tangerang berada di Jatiuwung. Tidak heran bahwa kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tangerang itu harus dimekarkan menjadi tiga kecamatan, yaitu Jatiuwung sendiri, Cibodas, dan Periuk.Selain di Jatiuwung, beberapa industri besar seperti PT Argo Pantes dan PT Indofood berlokasi di Kecamatan Tangerang, tepatnya di Kelurahan Cikokol.Tentu saja dengan banyaknya industri pengolahan itu telah membuat konsentrasi tenaga kerja di Kota Tangerang menjadi sangat besar.


Sumber Data:
Banten Dalam Angka 2008
(01-10-2007)
PBS Provinsi Banten
Jl. Penancangan No.4 Serang 42124
Telp (0254) 202315
Fax (0254) 202315

Sumber :

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=3671

Tidak ada komentar:

Posting Komentar